17 Agustus 2010

Tutorial Drupal 6 - Menambah User


Salah satu kelengkapan yang ada di dalam drupal adalah adanya sistem user yang sudah terintegrasi. Hal ini memudahkan kita jika ingin membuat situs modern, dimana situs-situs yang berkembang sekarang lebih banyak melibatkan pengunjung untuk mengelola situs, dari sekadar menambah content sampai berkolaborasi mengembangkan hal-hal teknis.
Sebelum kita masuk dalam tutorial menambah block, yang merupakan lanjutan dari tutorial block dan pengaturannya, ada baiknya saya bagikan dulu bagaimana menambah user di dalam drupal. Tutorial menambah user dalam drupal ini akan berkaitan dengan beberapa bagian dalam tutorial drupal tentang menambah block. Bagian lebih lengkap tentang user akan saya tulis dalam topik tersendiri di waktu lain. Berikut langkah demi langkah cara menambah user di dalam drupal.
NB2PV7XMFAKC
user management

Login sebagai administrator situs, akses bagian user management. Administer > User management. Lalu klik bagian menu Users.

daftar user

Di dalam menu Users  ini kita bisa lihat daftar user dan ada dua tab menu di bagian atas yaitu List dan Add User.

add user

Untuk menambah user, pilih tab menu Add user, lalu isi form-form identitas account user.

isi form account

Ini salah satu contoh isian formnya. User name : drupaliyem, email address : drupaliyem(at)keluargadrupal.com, password : drupal123, confirm password : drupal123.
Untuk bagian Status, pilih Active agar user yang akan dibuat ini bisa dipakai. Notify user of new account berfungsi mengirimkan informasi ke alamat email user seputar pembuatan account ini. Dikarenakan alamat email yang kita isi hanya fiktif, maka tidak diperlukan notify. Lanjutkan dengan menekan tombol Create new account.

new user accoount

Proses penambahan user di dalam drupal berhasil. Account drupaliyem sudah jadi. Tidak ada email yang terkirim karena Notify user of new account tidak dicentang sewaktu pembuatan account.

daftar user drupal

Untuk mengeceknya, silakan kembali ke daftar user (tab menu List). User drupaliyem sudah masuk ke dalam daftar user.
Agar lebih meyakinkan lagi, silakan buka browser lain yang berbeda dari browser yang Anda gunakan saat ini (misal chrome, IE, safari, opera, dsb) lalu cobalah log in menggunakan user drupaliyem. Atau jika tidak ada browser lain, bisa menggunakan browser ini juga. Silakan logout dari account adminstrator, lalu login kembali menggunakan drupaliyem dengan password drupal123.

Selamat belajar drupal.