Latest Updates

Tutorial Drupal 6 - Block Dan Pengaturannya

Block di dalam drupal merupakan bagian yang cukup penting untuk meletakkan dan menampilkan data-data situs. Btw, mulai edisi kali ini, blog tutorial drupal akan saya buat bersambung walaupun itu dalam satu tema/ judul. Selain lebih singkat, diharapkan update akan lebih rutin dikarenakan tidak menunggu selesainya satu tutorial yang panjang. Selamat belajar drupal.



Apa itu block?
Block adalah kotak atau sejumlah kotak yang berisi data. Kotak/ block ini biasanya berada di sisi kiri atau kanan halaman situs. Block bisa ditampilkan di bagian manapun di halaman situs Anda dalam lingkup region. Region adalah wilayah-wilayah atau tempat untuk meletakkan sebuah block atau sekumpulan block. Block biasanya secara otomatis dibuat oleh modul-modul drupal yang kita tambahkan, namun Anda juga bisa membuat sendiri sesuai kebutuhan. Berikut gambar-gambar dari masing-masing bagian yang dijelaskan diatas.
gambar administrasi block
Gambar administrasi block
Gambar diatas adalah gambar administrasi block secara keseluruhan. Untuk mengakses halaman administrasi block, silakan login sebagai admin situs, lalu dalam block account admin, silakan mengakses  Administer > Site building > Blocks.
Seperti gambar di atas, tulisan Left sidebar dan Right sidebar (bagian kiri dan kanan halaman) yang diborder garis putus-putus adalah wilayah/region untuk block. Bagian tengah adalah tempat untuk mengatur block. Ada dua tab menu blocks yaitu List (daftar block) dan Add block (untuk menambah atau membuat block sendiri).

Gambar daftar block
Dalam default themes drupal (garland), ada beberapa region untuk menaruh block yaitu left sidebar, right sidebar, content, header dan footer. Yang perlu Anda tahu, region di tiap themes berbeda-beda, namun dalam cara pengaturan/peletakan blocknya tetap sama. Makin banyak variasi wilayah/region-nya, makin bervariasilah tempat untuk Anda menaruh data-data.
Pengaturan Block
Dalam sistem drupal, pengaturan block yang  utama adalah peletakan dalam region, yaitu dengan cara melakukan pilihan di menu dropdown (bagian tengah) yang berisi wilayah-wilayah atau region. Perlu diketahui juga, dalam  pengaturan block ini dikenal urutan peletakan, yang di dalam bahasa drupal disebut weight. Urutan angka weight menentukan posisi (block) dalam suatu region, yang mana angka kecil akan ditaruh dahulu (di atas) sedangkan angka yang lebih besar akan ditaruh dibawah. Weight di dalam drupal 5 terlihat jelas melalui angka-angka-nya dalam menu drowpdown, namun di dalam drupal 6 hal ini sudah dimutakhirkan dengan menggunakan fitur drag and drop, meskipun didalamnya sistem urutan angka weight ini tetap dipakai.

Gambar cara menaruh block dalam region
Untuk menon-aktifkan suatu block, cukup pilih none dalam daftar dropdown, otomatis block akan berpindah ke bagian block disabled. Atau cukup mainkan mouse Anda dengan melakukan drag n drop bagian block yang ingin Anda non-aktifkan.

Gambar cara menon-aktifkan block

Gambar kumpulan block non-aktif
Edisi selanjutnya : Menambah Block

0 Response to "Tutorial Drupal 6 - Block Dan Pengaturannya"