Selama ini ternyata banyak di antara sobat-sobat yang belum paham apa itu CMS... maaf, mungkin tulisan ini sedikit terlambat.. :D .. Baiklah, di sini akan kita bahas sedikit apa itu CMS..
CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan
untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan
publikasi content secara bersama (collaborative content management).
Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun
dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan
proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan
meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain.
Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software
aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat
dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu
perusahaan maupun global.
CMS (Content Management System) terbukti merupakan sebuah aset
penting bagi perusahaan untuk mengelola content situs web dan portal
secara efisien dan efektif. Saat ini, berbagai perusahaan
mengkombinasikan content tak berstruktur dengan transaksi tradisional
dan application logic untuk membangun aplikasi berbasis Web. Web
application ini mewujudkan interaksi yang lebih personal dengan para
user-nya, dan meningkatkan kinerja perusahaan dengan menyediakan layanan
mandiri bagi para karyawan, partner, penyedia barang dan pelanggan.
Aplikasi berbasis Web yang semakin berdaya, secara tidak langsung
meningkatkan peranan dan pentingnya CMS sebagai bagian dari
infrastruktur aplikasi perusahaan. Alhasil, pemilihan CMS yang akan
diterapkan di perusahaan tidak bisa dianggap remeh.
Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan
memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan
fleksibiltas dari Web Site tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan
pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen,
dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara
berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan
penting dalam tercapainya target pemasaran.
CMS (Content Management System) adalah aplikasi web yang siap pakai.
Ini merupakan istilah untuk pemilik website mengupdate websitenya tanpat
bantuan pengembang web. Yang dilakukan pengembang web hanya installasi
awal dan konfigurasi awal saja. Selanjutnya untuk pengisian artikel,
gambar, dan konten-konten lainnya bisa dilakukan oleh pemilik website
tanpa harus mengetahui kode-kode HTML ataupun pemrograman web seperti
PHP atau ASP .NET
CMS sangatlah berguna dan handal untuk memisahkan tangungjawab antara
penulis konten dan desainer web. Dengan demikian, desainer web dapat
berkonsentrasi pada tugasnya terutama masalah desain tampilan dan
penempatannya. Sementara itu, siapapun yang tidak memiliki kemampuan
teknis dapat bertanggujawab atas masalah konten, misalnya menuliskan
kalimat dan meletakkan gambar di situs web. Jadi, cara kerja CMS
melibatkan desainer web dan penulis konten.
CMS membuat halaman web menjadi dinamis. Artinya, halaman web belum
benar-benar ada sampai kita memastikan untuk memublikasikannya. Dengan
demikian, konten dapat di perbaharui dan hasilnya dapat dilihat terlebih
dahulu tanpa harus di publikasikan. Halaman web dinamis berguna saat
pengembangan konten, tetapi pengembangannya belum seluruhnya selesai.
Sebenarnya CMS sangatlah rumit, berisi ribuan file dan script yang
saling bekerjasama, berpadu dengan basis data untuk menghasilkan situs
web. Intinya CMS di desain dan di ciptakan oleh tenaga ahli yang
mempunyai kemampuan teknis, tetapi dapat digunakan, di atur, dan
dijalankan oleh orang awam, sekalipun tidak mempunyai kemampuan teknis.