17 Agustus 2010

Instalasi Drupal 6.0 di Web Server Apache (lokal) Menggunakan Linux Fedora 8


Drupal, salah satu CMS Open Source terbaik saat ini. Dengan kehadiran release terbaru Drupal 6.0, tepat jika saya mencoba keperkasaannya. Dalam release terbaru ini, salah satunya pada konfigurasi block sudah memiliki fitur drag-and-drop, jadi memudahkan saya sebagai pemula Drupal. Berbekal file INSTALL.TXT yang disertakan dalam source code Drupal 6.0, saya mencoba instal di Notebook berbasis OS Linux Fedora 8 yang saya gunakan sehari-hari. Drupal 6.0 menggunakan database MySQL atau PostgreSQL, jadi saya buat dulu database MySQL untuk instal. Proses instalasi berjalan mulus, karena Apache sudah terkonfigurasi dengan baik. Hanya saja saat login ke bagian Administrasi situs, saat klik Administer untuk mengkonfigurasi situs, lama banget. Setelah saya telusuri, ternyata karena saya menggunakan web server lokal dan tidak terhubung internet, maka fitur Update otomatis harus di-disable. Terbukti setelah itu semuanya menjadi lancar. Apa kesan pertama yang saya dapat? Drupal memang luar biasa!!! Semua yang dibutuhkan sudah tersedia. Mau upgrade modules? Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
Konfigurasi Sistem yang saya gunakan:
  • DNS untuk domain lokal: www.drupal.local
  • Lokasi root direktori webserver : /var/www/html/drupal/
  • Nama database MySQL: drupal
Sebelum memulai instalasi, eksktrak source drupal ke home direktori web server:
# tar -zxvf drupal-6.0.tar.gz /var/www/html/drupal/, nantinya hasil ekstraksi didalam direktori /var/www/html/drupal/drupal-6.0/. Pindahkan isinya ke direktori /var/www/html, dari lokasi direktori /var/www/html/drupal/drupal-6.0/, jalankan command:
# mv drupal-6.0/* drupal-6.0/.htaccess /var/www/html/drupal/
Untuk instalasi berbasis web, hanya memerlukan 6 langkah saja. Berikut proses instalasi selengkapnya:
  • Pemilihan Bahasa, pilih saja Install Drupal in English. Untuk Drupal 6.0 ini saya belum menemukan file bahasa Indonesia-nya.
  • Selanjutnya installer akan mengecek konfigurasi sistem. Akan muncul pesan Error dan meminta untuk merubah ijin akses pada direktori sites/default agar writeble.
Dari lokasi direktori /var/www/html/drupal, jalankan command berikut:chmod o+w sites/default,
  • Instal situs. Proses intalasi akan berjalan, tunggu beberapa detik saja.
  • Konfigurasi Database. Masukkan nama database, username, dan password MySQL untuk situs Drupal.
  • Konfigurasi situs. Sebelum mengkonfigurasi, akan diminta untuk merubah ijin akses sites/default/ agar unwriteble. Jalankan command berikut: # chmod o-w sites/default. Dalam langkah konfigurasi situs ini kita diminta untuk memasukkan informasi nama situs, email, username, dan password untuk admin situs kita.
Untuk instalasi di komputer lokal, saya mendisable pilihan Check Update Otomatis, karena alasan yang sudah saya sebutkan sebelumnya di atas.
  • Instalasi selesai. Selamat bereksplorasi dengan Drupal CMS…