18 Agustus 2010

Membuat Internal Link pada Posting Blog

Internal Link adalah tautan  yang menghubungkan antara satu posting dengan posting lain pada satu blog (situs web) yang sama. Maksud sama di sini adalah domain situs web tersebut masih satu dan bukan tautan ke situs web lain. Internal link penting bagi blog yang memiliki banyak posting. Mungkin posting Anda sudah sampai beratus-ratus atau bahkan ribuan artikel. Banyak sekali manfaat dengan membuat tautan (link) ke posting yang lain. Untuk membuat tautan ini sendiri membutuhkan sedikit waktu yang harus diluangkan. Lumayan capek tapi berharga bagi blog yang kita urus. Seperti misalnya Anda harus membaca posting lama satu persatu dan membuat tautan dengan posting baru atau sebaliknya dengan membuat tautan dari posting baru ke posting lama. Mengapa harus membuat internal link blog? Untuk menjawabnya, saya sudah uraikan beberapa alasan pentingnya membuat internal link blog di bawah ini.


Manfaat internal link posting blog:

  1. Menaikkan Page View. Membuat tautan ke posting lama, kemungkinan besar akan membawa pembaca ke halaman posting lama. Pembaca akan membuka lebih dari satu halaman saja, artinya hit page view meningkat. Manfaat lainnya memberikan kesan blog Anda lebih hidup dengan membuat tautan yang berhubungan pada posting lain. Ada peluang, pembaca akan meninggalkan komentar pada halaman lain yang dia baca. Meningkatkan kepercayaan pembaca pada blog Anda dan kemungkinan akan menjadi pembaca setia. Kemungkinan lainnya adalah, pembaca akan tidak segan-segan untuk berlangganan berita
  2. Memuaskan Pembaca Blog. Internal link merupakan navigasi yang baik bagi pembaca blog untuk menuju posting-posting terkait. Satu artikel posting jika didukung oleh artikel lainnya akan semakin menguatkan fakta pada posting tersebut. Pembaca pasti akan mencari alasan kenapa dia harus membaca posting tersebut, adakah posting lain pada blog yang mendukungnya.
  3. SEO (Search Engine Optimization). Membuat tautan ke posting lain akan mengoptimalkan proses index mesin cari pada seluruh halaman blog yang saling bertautan. Secara otomatis mesin cari seperti google dan yahoo akan membaca konten posting pada link (tautan) yang ada. Link dari blog lain yang mengarah ke blog Anda (back link) memang sangat berpengaruh bagi peringkat blog (pagerank). Namun link pada posting yang satu ke posting yang lain juga akan menaikkan peringkat halaman blog pada search engine. Kita dapat meningkatkan pagerank halaman tertentu pada blog dengan membuat banyak tautan posting yang berkualitas menuju halaman tersebut. Misalnya Anda punya satu posting yang menjadi andalan blog. Nah, untuk mengoptimalkannya pada hasil pencarian mesin cari seperti Google, Anda bisa membuat tautan dari posting lain yang mengarah ke posting andalan tersebut. Coba deh, pasti ada efeknya di search engine. SEO google starting guide sangat menyarankan internal link ini. Mengapa Anda tidak melakukannya jika masih mengandalkan Google sebagai mesin pencari Anda.


Bagaimana membuat tautan ke posting lama? Membuat tautan sangat mudah, untuk blog gratis seperti di blogger dan wordpress telah menyediakan fitur ini. Yang menjadi permasalahan adalah, bagaimana membuat tautan yang berkualitas. Tunggu episode berikutnya. Membuat tautan dengan konsep internal link juga tidak sembarangan. Saya belajar dari aturan yang disarankan oleh google. And why is that? Karena google adalah guru terbaik untuk belajar. Anda ingin apa, tanyakan pada google dan dia akan menjawab. Oke, sediakan waktu Anda untuk membuat tautan antara posting yang satu dengan yang lainnya. Perlu diingat, yang paling utama adalah membuat tautan dengan konten posting yang masih berkaitan dan relevan.

Semoga bermanfaat