22 September 2012

Apa itu CMSimple Open Source ???


 
CMSimple adalah salah satu script CMS Open Source yang paling mudah aplikasinya. Mengapa saya katakan sangat mudah ??? ya, karena pengaplikasiannya sangat simple sesuai dengan namanya. Kita tidak lagi memerlukan database atau mysql. Cukup upload semua script, lalu masuk admin area utk setting sana-sini, beres sudah... tinggal mengisi kontennya tanpa batas...
berikut penjelasan selengkapnya...

Info lebih lengkapnya silahkan kunjungi alamat berikut http://www.cmsimple.dk. Secara ringkas dapat saya ceritakan bahwa cms ini berbeda dengan CMS yg lazim kita gunakan (wordpress, joomla, drupal). Sesuai namanya cms ini benar-benar simple. 

Beberapa keistimewaan CMSimple antara lain :
  • File script sangat kecil, sehingga upload ke hosting tidak memerlukan waktu yg lama.
  • Template cukup banyak tersedia gratis , misalnya di www.dotcomwebdesign.com tersedia hingga lebih kurang 700 template.
  • Hanya memerlukan PHP, tidak perlu mysql. Halaman-halaman yang tercreate akan menjadi halaman html murni yang tidak disusun di table
  • Penulisan konten serta editingnya juga sangat mudah karena memakai FCKeditor juga disertai fasilitas edit HTML.
  • Meski simple sudah cukup untuk membuat halaman website. Ada fungsi search, ada hyperlink.
  • Sangat cocok dipakai untuk membangun web berbasis CMS sederhana, misalnya untuk personal web atau company profile

Instalasi
Cara installnya juga sederhana. Cukup upload ke webserver lalu panggil halaman indexnya. Done. Sebuah halaman web sudah tersaji.  Kalau mau nambah-namabah tulisan tinggal klik login. Untuk sample username defaultnya ‘test’ (tanpa tanda kutip).

Menulis
Untuk menulis pertama harus login dulu. Passwordnya ‘test’ tanpa tanda kutip. Setelah itu akan muncul jendela editing. Berikut rule dalam menulis;
  1. Baris yang ditandai dgn tag H1 akan menjadi judul dan link di menu. Jadi kalau mau menulis pastikan baris pertamanya/judulnya diberi tag h1 baru baris berikutnya kita masukan text isinya (body)
  2. H2 dan seterusnya akan menampilkan submenu dari h1. Mungkin h1, h2, dst bisa kita manfaatkan untuk categorisasi juga.
  3. Untuk menghapus  kita mesti logi dulu. Setelah itu hapus h1, h2, dst. Otomatis akan menghilangkan halaman di menu dan halamannya itu sendiri.
Membuat Menu baru
Cukup buka dokumen yg dimenu urutannya paling bawah (tak ngaruh baik itu h1, h2….). Setelah itu teruskan menulis dibawahnya. Jangan lupa tentukan statusnya dengan memilih tipe ‘h’.
Sebetulnya tidak harus paling bawah. Membuka dokumen yang mana saja boleh. Dan proses pemilihan ini akan berepengaruh pada urutan dokumen di menu.

Hyperlink dokumen
Di halaman web kita bisa membuat hyperlink. Caranya blok text yang akan dijadikan hyperlink kemudian pilih icon “bola dunia dan rante”. Akan muncul baris isian link. Masukan link-nya disitu.

Edit configurasi
Pertama tentu saja seperti biasanya kita logi dulu. Beres login masuk ke menu [SETTING]. Akan tampak banyak setiing yg perlu diatur. Atur saja setting disini sesuai kebutuhan. Kalau tidak dibutuhkan biarkan saja terisi apa adanya. Kalau aku sendiri tadi hanya setting untuk;
  1. Template
  2. Header name
  3. sisanya aku biarkan apa adanya.
Masukan gambar
Cmsimple ini mendukung fasilitas ‘inssert image’ juga loh. Jadi halaman web kita bisa rame dengan gambar-gambar yg kita pajang. Begini caranya :
  1. Upload gambarnya ke direktory ‘~/images’ di direktory cmsimple
  2. Login untuk mulai membuat dokumen baru/edit yang lama
  3. Di jendela editing dokumen tempatkan kursor pada lokasi yg mana gambar akan kita letakan
  4. Pilih gambar yg akan kita masukan. Menunya ada dibawah menu utama disamping menu hypelink
  5. Setelah gambar terpilih klik icon disamping kananya
Demikian penjelasan singkat mengenai CMSimple yang bisa saya berikan.

Semoga bermanfaat....