Latest Updates

Menginstall Joomla [Seri Membuat Web Dengan Joomla]

Apa itu joomla, cms serta extension telah dibahas sebelumnya pada tulisan pendahuluan joomla, nah artikel ini merupakan kelanjutan dari arikel sebelumnya dimana kita akan mencoba untuk  menginstall joomla.

Untuk meninstall joomla kita memerlukan web server, mysql database server serta joomla itu sendiri. untuk lebih mudahnya kita bisa menggunakan xampp dan joomla. Langkah pertama download dulu :

Diasumsikan kita telah selesai mendownload keduanya, beriktunya install xampp anda. jangan lupa menginstall service apache dan mysql !! setelah itu aktifkan layanan apache dan mysql tersebut.

Berikutnya extract download-an joomla 1.5.20 ke sebuah folder dengan nama websederhana seperti gambar berikut :


kemudian pindahkan folder websederhana ke dalam root folder web server  yaitu pada folder htdocs xampp ( misal : [drive anda]:\xampp\htdocs\ )

"DIASUMSIKAN BAHWA LAYANAN APACHE dan MYSQL SUDAH JALAN"
Jalankan browser kesayangan anda dan silahkan akses halaman ini :
http://localhost/websederhana/
Jika web joomla anda belum pernah sama sekali di setup maka secara otomatis akan dilakukan proses penginstalan (konfig web, pass admin, ftp, database dan lain sebagainya) sebagai berikut :

Step 1. Languages
gunakan saja bahasa inggris untuk joomla anda kemudian tekan tombol "Next"

Step 2. Pre-Instalation Check
Pada step ini akan diperiksa antar minimum requiretment dari joomla terhadap web server yang digunakan. Jika dianggap selesai makan klik tombol "Next" dan jika ingin mengecek ulang silahkan klik tombol "check again"


Step 3. License
Anda bisa menhiraukan step ini dengan menekan tombol "Next" atau membaca terlebih dahulu lisensi joomla ini.

Step 4. Database
Pada menu Basic settings anda menentukan type database, hostname, user name, password dan nama database.
contoh : database type = mysql, hostname = localhost, user name = root (default), password = kosong, database name = webcoba.

Pada menu Advance settings anda boleh mengubah nilai table prefix, jika ingin menggunakan konfigurasi default maka tidak perlu merubah nilai dalam menu advance settings. Kemudian tekan tombol "Next"

Step 5. FTP Configuration
Disini anda bisa menentukan konfigurasi FTP untuk proses upload, tapi pada langkah ini untuk tidak mengubah nilai standard kemudian menekan tombol "Next"

Step 6. Configuration 
Pada step ini, anda dipersilahkan untuk mengisi Site Name, Email Admin, Password Admin serta Instalasi Data Percobaan dari joomla.
Contoh Pengisian Main Configuration sebagai berikut :
Site Name = Portal Resmi Web Kami
Your Email = admin@yahoo.com
Admin password = 123456

Kita juga dapat menginstall contoh data dari joomla dengan meng-click tombol "Install Sample Data", tapi menurut saya silahkan abaikan penginstalan data untuk membuat kita lebih paham dalam mengelola section, category, module dan lain sebagainya (artinya from zero to hero)
*guyon mode on*

klik tombol "Next" dan OK untuk melanjutkan ke tahap berikutnya (tahap akhir)



Step 7. Finish
pada step ini yang dilakukan hanya menghapus folder installtation yang berada di dalam folder websederhana [drive anda]:\xampp\htdocs\websederhana\installation\. jika folder installation telah terhapus maka silahkan klik tombol "Site" untuk melihat halaman depan atau tombol "Admin" untuk mengelola web.

Catatan :
user default superadmin = admin, password sesuai dengan password admin yang telah anda tentukan pada Step 6 Main Configuration.

Semoga sukses, sampai disini kita telah berhasil membuat web sederhana menggunakan joomla.
 Tampilan halaman depan web kita (http://localhost/websederhana/)

 Tampilan halaman login administrator (http://localhost/websederhana/administrator/)

Untuk sementara pada proses instalasi awal telah selesai langkah berikutnya melakukan manajemen web site (menu, modul, section, categori dan lain sebagainya) oleh superadmin pada artikel berikutnya.

0 Response to "Menginstall Joomla [Seri Membuat Web Dengan Joomla]"