17 Agustus 2010

User Login Drupal

Berkunjung ke beberapa situs yang menggunakan drupal sebagai framework-nya, saya sering melihat ada (block) User Login yang terpampang di halaman mereka. Seperti yang Anda tahu, ada tiga poin fungsi dari form ini yaitu : - melakukan log in (jika sudah terdaftar sebagai member) - membuat akun member baru (new account karena belum terdaftar) - meminta password yang baru (jika lupa password keanggotaan Anda)
User Login yang biasanya diatur lewat block ini memang cukup membantu untuk memudahkan pengunjung yang menjadi member, user dan admin sendiri ketika login. Posisi form User Login pun sengaja ditempatkan di halaman yang strategis dan mudah terlihat.
Namun ada satu hal yang mungkin Anda sebagai Admin lupa, terutama berhubungan dengan masalah keanggotaan di situs yang Anda buat. Jika situs Anda memang menerima keanggotaan dari pengunjung, penempatan block User Login di halaman depan atau halaman lainnya tidak menjadi masalah. Masalah mulai timbul ketika situs Anda tidak menerima keanggotaan, atau dalam setting user Anda, hanya Admin yang bisa membuat account baru (Only site administrators can create new user accounts.). Coba Anda perhatikan dua gambar block User Login di bawah ini :

Gambar User Login Membership

Gambar User Login Non-Membership
Ketika pengunjung melihat User Login, yang ada di pikiran pengunjung kemungkinan besar adalah adanya fasilitas keanggotaan. Jika situs Anda tidak menerima keanggotaan (biasanya untuk blog pribadi), pengunjung akan kesulitan mencari link untuk registrasi, kesulitan karena memang tidak tersedia di block User Login tersebut.
Tips singkat dari saya, jika situs Anda tidak menerima keanggotaan, block User Login tersebut sebaiknya tidak usah ditampilkan. Jika ingin log in, Anda sebagai Administrator situs bisa mengakses form untuk login di namadomain/user/.