Latest Updates

Tutorial Drupal 6 - Contoh Menambah Block

Ini adalah bagian keempat dari blog tutorial drupal bertema block. Edisi kali ini berisi contoh bagaimana cara menambah block. Untuk memudahkannya, mohon siapkan dua browser yang berlainan. Hal ini dikarenakan adanya proses login dengan dua user yang berbeda, sehingga lebih mudah jika menggunakan dua browser yang tidak sama. (bisa tetap dengan satu browser, hanya, Anda nanti akan banyak melakukan login dan logout)
 
 
 
Di dalam blog tutorial drupal sebelumnya, tentu yang bertema block, jika Anda mengikutinya, seharusnya account user drupaliyem sudah ada di dalam situs local. Bagi yang belum, silakan akses halaman blog berjudul Tutorial Drupal 6 - Menambah User. Btw, dua browser yang saya pakai yaitu pertama browser mozilla firefox yang difungsikan untuk menambah block baru, sedangkan yang berikutnya adalah browser chrome yang ditujukan untuk login ke account drupaliyem.
 
Menambah Block
Contoh pertama ini akan sekadar membuat block, lalu contoh berikutnya adalah langkah-langkah dalam mencoba item-item customisasi yang tersedia.
contoh menambah block 1

Login sebagai Administrator situs, lalu akses Administer > Site building > Blocks lalu pilih tab menu Add Block. Isikan sesuai dengan gambar diatas. Detailnya adalah sebagai berikut:
  • Block description : block coba-coba
  • Block title : Hanya Tes
  • Block body : Ini hanya tes alias ujicoba
  • Input format pilih Filtered HTML.
Setelah sesuai isian, langsung saja lompat ke bagian akhir menambah block ini yaitu dengan mengklik save block.

contoh menambah block 2

Block yang baru saja Anda tambahkan (buat) otomatis masuk ke dalam region Disabled. Untuk mengaktifkannya, silakan masuk ke tab menu List block, lalu menuju ke region Disabled. Cari block ber-description block coba-coba. Pilih posisi region Right sidebar untuk lokasi blocknya. Pilihan ini lebih memudahkan untuk melihat block baru, dimana region kanan masih kosong. Lalu klik Save blocks.

contoh menambah block 3

Sebagai administrator, Anda bisa lihat di sebelah region kanan halaman, block ber-title Hanya Tes sudah muncul.

contoh menambah block 4

Sekarang coba beralih ke browser chrome, di mana Anda akan mencoba melihatnya menggunakan account user drupaliyem. Dari browser chrome Anda, lakukan login menggunakan user drupaliyem.

contoh menambah block 5

Setelah sukses login, lihat sebelah kanan halaman, block ber-title Hanya Tes juga sudah terlihat.
Dengan demikian, proses menambah block sudah berhasil dilakukan. Kini kita akan berlanjut dengan mencoba item-item customisasi yang tersedia di dalam proses penambahan block baru ini. Silakan kembali ke browser firefox Anda yang masih terlogin sebagai Administrator.
Item Customisasi

contoh menambah block 6

Akses kembali halaman list block Anda. Di bagian region kanan (righ sidebar), klik configure dari block coba-coba.

contoh menambah block 7

Item customisasi pertama yang akan Anda ubah adalah User spesific visibility settings. Coba Anda ubah pilihan Custom visibility settings menjadi Show this block by default but let individual users hide it. Lalu klik Save Block. Pilihan ini membuat block akan muncul sebagai default, namun user bisa mengatur block ini untuk disembunyikan. Pengaturan ada di dalam account mereka.

contoh menambah block 8

Sekarang akses kembali browser chrome Anda yang masih terlogin sebagai drupaliyem. Coba Anda masuk ke menu account drupaliyem dengan mengklik My account. Lalu klik tab menu Edit.

contoh menambah block 9

Ada satu item baru yang muncul yaitu Block configuration. Didalamnya ada option dengan default yang sudah tercentang yaitu block coba-coba. Ini sesuai dengan pilihan yang tadi dilakukan dalam konfigurasi block coba-coba bagian Custom visibility settings yang memilih Show this block by default but let individual users hide it . Hal ini akan terjadi yang sebaliknya jika pilihan dalam Custom visibility adalah Hide this block by default but let individual users shot it. Block tidak akan terlihat di region kanan secara default. Namun ketika Anda mengakses account drupaliyem, Block configuration akan memunculkan pilihan block coba-coba yang tidak tercentang.
Masih ada dua item customisasi lagi berupa Role specific visibility settings dan Page specific visibilty settings yang akan saya bagikan di blog tutorial drupal bertema block edisi selanjutnya.

0 Response to "Tutorial Drupal 6 - Contoh Menambah Block"