Latest Updates

Tutorial Drupal 6 - Block Visibility Settings

Tutorial drupal bagian kali ini adalah seri terakhir seputar pembahasan block dan custom defaultnya. Bagi Anda yang baru pertama kali membacanya, agar tidak bingung dengan isinya, Anda diwajibkan membaca edisi sebelumnya, ini dikarenakan tutorial drupal berkaitan satu dengan yang lain.
 
 
 
 
 
Seperti penjelasan di seri block sebelumnya, ada empat custom default dari drupal yaitu
  • Block specific settings
  • User specific visibility settings
  • Role specific visibility settings
  • Page specific visibility settings
Dua item pertama sudah dibahas dalam tutorial menambah block beserta contohnya. Edisi kali ini, dua item terakhir akan coba diuraikan dengan lebih detail.
Block visibility settings 1
Sebelumnya, silakan masuk kembali ke list block area, lalu klik configure block coba-coba, dan ubah pilihan Custom visibility settings menjadi seperti defaultnya yaitu Users cannot control whether or not they see this block, lalu klik save.
Block visibility settings 2
Setelah block coba-coba dalam keadaan default, langsung kita akan mencoba custom block berupa Role specific visibilty settings. Edit block coba-coba lalu pilih bagian Show block for specific roles berupa centangan di option anonymous user (jangan lupa, klik save). Pilihan option pertama ini bertujuan agar block coba-coba hanya akan ditampilkan untuk roles anonymous user atau pengunjung yang tidak terdaftar. (Sedangkan option kedua yaitu authenticated user akan membuat block hanya ditampilkan untuk pengunjung yang terdaftar (member) di situs.)
Block visibility settings 3
Untuk melihat hasilnya, silakan buka kembali melalui account drupaliyem (browser yang satunya jika Anda menggunakan dua browser). Refresh halaman tersebut dimana Anda masih login sebagai drupaliyem. Seperti yang Anda lihat, block coba-coba sudah tidak ada.
Block visibility settings 4
Sekarang, logout/keluar dari account dupaliyem. Block berjudul Hanya Tes terpampang di region sebelah kanan.
Block visibility settings 5
Kembali ke browser sebelumnya yaitu yang ter-login sebagai acccount adminstrator. Silakan akses configure block coba-coba. Lihat pada bagian Page specific visibility settings. Secara default, pilihan pertama Show on every page except the listed pages  adalah pilihan yang akan dieksekusi, yang artinya, block akan ditampilkan di semua halaman situs kecuali yang ada di dalam textarea/kotak Pages. Anda bisa isikan sesuai dengan bagian mana dari halaman situs yang tidak ingin block coba-coba ditampilkan.
Block visibility settings 6
Berpindah ke pembahasan pilihan yang berikutnya. Coba tes pada bagian pilihan yang kedua (Show on only the listed pages) di mana hal ini akan menampilkan block coba-coba hanya di halaman tertentu saja. Masukkan perintah “”  ke dalam textarea Pages. Lalu klik save. Block coba-coba akan ditampilkan hanya di halaman depan situs. Silakan buka halaman depan situs untuk melihatnya.
Block visibility settings 7
Terakhir, ubah pilihan menjadi Show if the following PHP code returns TRUE (PHP-mode, experts only). Pilihan ketiga ini mengijinkan Anda untuk menyisipkan script PHP.  Sebagai contoh sederhananya, silakan tambahkan script berikut :

global $user;
return @user->uid ==1;
?>
Script diatas bermaksud akan menampilkan block jika uid (user id) nilainya sama dengan 1. Kalau Anda cek di dalam database situs drupal Anda (dalam table user), uid bernilai 1 adalah milik Administrator. Kesimpulannya, block hanya akan muncul ketika login sebagai Administrator, dalam arti lain, hanya Administrator situs yang bisa melihat block tersebut.
Demikian seri pembahasan seputar block di dalam drupal. Tutorial blog edisi berikutnya akan membahas hal yang berbeda. Selamat belajar drupal.

0 Response to "Tutorial Drupal 6 - Block Visibility Settings"