Latest Updates

Membuat Localhost (server lokal) Dengan Instalasi XAMPP

Untuk memulai belajar membuat web sendiri dengan drupal atau sekadar ingin membuat web offline sebagai backup blog Anda, pertama kali yang Anda perlukan adalah dukungan server atau hosting lokal (localhost). Localhost dibutuhkan tidak hanya akan menyediakan tempat untuk file-file situs Anda, tetapi juga menjalankan script php serta database via mysql. Drupal yang adalah salah satu jenis CMS yang sangat powerfull atau lebih tepatnya framework, juga membutuhkan server yang bisa menjalankan script php dan mysql.
Dengan adanya localhost ini, Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa hosting, sewa domain ataupun biaya untuk mengakses internet ketika sedang membangun situs Anda. Situs Anda akan dikerjakan secara offline di komputer sendiri, dan jika sudah siap, Anda bisa sewa hosting dan domain agar situs Anda bisa diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia.
Salah satu software yang dipakai untuk membuat localhost bernama XAMPP. Melalui XAMPP ini, komputer Anda akan diperlengkapi dengan paket yang cukup lengkap sebagai syarat untuk bisa membangun sebuah situs via localhost, dan yang terutama adalah yang Anda butuhkan yaitu berupa php, apache server, dan mysql. Paket XAMPP ini sudah terintegrasi dengan baik, Anda tinggal download filenya lalu install dikomputer Anda. Panduan berikut saya buat untuk komputer Anda yang memakai windows.
Isi Paket XAMPP versi 1.7.2 untuk Windows
  • Apache 2.2.12 (IPv6 enabled) + OpenSSL 0.9.8k
  • MySQL 5.1.37 + PBXT engine
  • PHP 5.3.0
  • phpMyAdmin 3.2.0.1
  • Webalizer 2.21-02 + GeoIP lite
  • FileZilla FTP Server 0.9.32
  • msmtp 1.4.17
Untuk melihat-lihat seputar XAMPP yang ditujukan OS Windows, Anda bisa lihat melalui http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html. XAMPP juga disediakan untk OS lain seperti Linux, Mac OS X sampai Solaris.
Panduan instalasi XAMPP : Download XAMPP versi Windows di
http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html
Cari tabel XAMPP bagian basic packacge seperti gambar di samping. Download pilihan .EXE.
Versi terbaru bisa didownload di link berikut (jika terbit versi terbaru, link dibawah ini akan hilang / diubah.
http://www.apachefriends.org/download.php?xampp-win32-1.7.2.exe Sesuai anjuran penyedia XAMPP, untuk pengguna baru disarankan memakai XAMPP basis package. Saya pilihkan yang .EXE karena ini paket yang paling mudah untuk dinstall, Anda tinggal menjalankan file .EXE tersebut.
Langkah demi langkah saat instalasi:

Setelah menjalankan file xampp-win32-1.7.2.exe, Anda akan dihadapkan dengan pilihan bahasa yang Anda pakai. Pilih saja English.

Langkah kedua akan muncul tampilan meminta menutup semua aplikasi lain sebelum menginstall XAMPP. Anda bisa menurutinya atau tidak juga tidak masalah, asalkan tidak terlalu banyak aplikasi komputer yang Anda jalankan, sehingga tidak membuat Anda bingung ataupun komputer Anda lambat karena banyaknya memori komputer yang terpakai.

Jendela berikutnya yang muncul adalah pemilihan tempat/lokasi file XAMPP. Saya sarankan sesuai default saja di c:\xampp. Jangan dimasukkan ke folder "Program Files" ("C:\Program Files"), dikarenakan akan adanya masalah permission folder.

Jendela selanjutnya akan memunculkan setting instalasi. Untuk memudahkan saja, Anda centang semua pilihan sehingga paket yang terinstall nantinya cukup lengkap.
  • Create a XAMPP dekstop icon --> akan menampilkan icon XAMPP di halaman dekstop komputer Anda
  • Create an Apache Friends XAMPP folder in the start menu --> akan membuat folder XAMPP bisa diakses dari menu start windows Anda
  • Service section akan menginstall untuk ketiga layanan / service yang dibutuhkan, silakan centang semua.

Proses intalasi sedang berjalan, tunggu sampai selesai. Sebagai catatan, gambar yang saya pakai adalah XAMPP versi 1.7.0, tetapi pada kenyataannya proses instalasi tidaklah jauh berbeda dikarenakan masih versi yang cukup dekat.

Instalasi awal selesai, tekan tombol Finish. Tunggu langkah selanjutnya.

Instalasi file selesai, silakan pilih tombol Yes untuk memulai XAMPP Control Panel
Setelah selesai semua, tekan tombol Finish. Jika semua lancar, selamat, Anda sudah berhasil melakukan instalasi XAMPP dan localhost Anda siap dipakai untuk melakukan aktivitas pembuatan web.
Sumber referensi:
Jika mengalami kesulitan, silakan bertanya, pasti akan dijawab. Selamat mencoba :)

0 Response to "Membuat Localhost (server lokal) Dengan Instalasi XAMPP"