18 Agustus 2010

Cara Install Zen Cart di Web Hosting

Langkah-Langkah Instalasi Zen Cart

Kalau domain dan web hosting sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk meng-instal zen cart di web hosting.
  1. Login ke cPanel dengan username dan password yang diberikan oleh web hosting anda.
    Login cPanel
  2. Scroll down layar cPanel sampai kita menemukan icon Softaculous. Icon tersebut ada dalam grup Software / Services. Klik icon tersebut untuk membuka layar Softaculous.
    Icon Softaculous
  3. Setelah layar Softaculous terbuka, cari link Zen Cart dalam grup e-Commerce. Klik link tersebut untuk membuka layar instalasi zen cart dalam Softaculous.
    Link Softaculous
  4. Klik tab Install, lalu isi form Software Setup sesuai dengan konfigurasi instalasi zen cart yang kita inginkan. Gambar berikut ini menunjukkan salah satu contoh pengisian form Software Setup zen cart.
    Software Setup zen cart
    Klik tombol Install untuk memulai proses instalasi.
  5. Proses instalasi hanya memakan waktu sebentar saja. Tunggu sampai selesai. Setelah selesai, layar pemberitahuan berikut ini akan ditampilkan.
    Instalasi berhasil
Selamat! Kita sudah berhasil meng-instal zen cart di web hosting.

Coba Hasilnya

Setelah di-instal, tentunya perlu kita coba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah instalasinya sudah OK atau belum. Untuk mencobanya, arahkan browser ke http://zencart.demo.saudagarweb.com. Layar utama toko online zen cart akan ditampilkan. Tapi sayangnya hasil instalasi zen cart menggunakan Softaculous tidak mengikutsertakan data-data demo. Dengan menambahkan data demo, layar zen cart akan tampil seperti dalam gambar berikut ini.
Mungkin di bagian atas layar zen cart akan muncul warning yang berkaitan dengan potential security issue. Untuk menghilangkan warning tersebut, silakan buka File Manager dalam cPanel, lalu ubah permission untuk file configure.php agar tidak bisa ditulis (read only).
Layar admin bisa diakses dengan URL http://zencart.demo.saudagarweb.com/admin/. Setelah kita masukkan username dan password yang kita tentukan dalam proses instalasi, kita bisa masuk ke layar admin dan menjalankan fungsi-fungsi administrasi dalam zen cart. Berikut ini adalah gambar layar utama area admin zen cart.

Kesimpulan

Instalasi zen cart dalam sebuah web hosting adalah mudah, apabila web hosting menyediakan auto installer seperti Softaculous. Hanya dengan beberapa langkah mudah yang memakan waktu tidak lebih dari 5 menit, zen cart pun bisa langsung kita pakai