17 Desember 2010

Cara mengganti nama template Joomla!


Salah satu alasan mengapa anda mengganti nama template yang anda gunakan mungkin adalah karena supaya tidak terlihat anda menggunakan Joomla. Emang kenapa klo pake' joomla? ngerasa malu?
Terlepas dari apa gunanya, mungkin anda semua punya alasan yg tepat kenapa harus mengganti nama template joomla anda.

Untuk mengganti nama template Joomla yang sudah terinstal, kita bisa membaginya menjadi tiga tahap.

Tahap 1: Rename folder templatePada tahap ini, carilah template yang anda gunakan di folder /template/template_yang_dituju
Setelah anda menemukannya, gantilah namanya sesuai dengan keinginan anda.


Tahap 2: "Default ulang" template andasetelah anda ganti otomatis nama template akan berubah. sehingga pada halaman administrator ketika anda membuka template administrator tidak ada template yang menjadi Defaultnya. hal ini dikarenakan template yang dipilih adalah template sebelum anda melakukan rename. Dan sekarang template tersebut sudah berubah namanya. untuk itu, anda pilih nama template yang baru itu menjadi template default.


Tahap 3: Editing templateDetails.xmlDi dalam directory template terdapat file xml yang bernama templateDetails.xml. Buka file tersebut kemudian edit menggunakan text editor/web editor. Cari baris kode yang brhubungan dengan nama file template lama kemudian ganti dengan nama yang baru. Setelah itu, save perubahan yang telah dilakukan.