04 September 2010

Cara Menampilkan Module di Dalam Artikel Joomla 1.5

Saya pernah berpikir bagaimana caranya agar module bisa di letakkan di dalam artikel 
Karena letak module pada joomla biasanya diatur oleh template yang dipakai misalnya ,top, header, left, right, user1, dan user2, dan sebagainya
Misalnya, meletakkan module Related Articles di dalam artikel. Kalau module itu diletakkan di luar artikel hasilnya, module itu akan kosong cuma keliatan judulnya aja, jadi harus buka dulu artikel baru keliatan menu-nya. Nah ternyata joomla punya cara untuk menampilkan module di dalam artikel, caranya :

01. Buat module baru misalnya module Related Articles (mau pake module yang udah ada juga gpp, asal di copy dulu modulnya biar ga bentrok sama template position). Lalu pada kolom Position isi dengan nama posisi misalnya, posisiku (jangan pilih posisi yang ada di drop-down menu, ketik aja nama posisi yang di inginkan, misalnya dibari nama modul_baru). Save kalau sudah selesai.

02. Buka artikel yang mau dipasang module tersebut. Terus ketik {(loadposition module_position)}(loadposition tanpa tanda kurung), module_position ganti dengan nama posisi module yang ingin disimpan di artikel (modul_baru). 

Save dan lihat hasilnya, module akan ada di dalam artikel.