17 Agustus 2010

Warning atau Peringatan saat Menambah Bahasa di Prestashop

Anda mendapat tanda warning  saat menambah bahasa di website Prestashop Anda seperti gambar di bawah ini?

Tidak perlu cemas atau khawatir bahwa penambahan bahasa Anda gagal jika Anda telah mengikuti langkah-langkah menambah bahasa di Prestashop. Tanda warning pada saat menambahkan bahasa yang muncul dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:
  • Anda belum meng-upload translasi untuk bahasa tersebut di bagian Translations, tapi Anda sudah menambahkan bahasa di bagian Language. Untuk mengetahui cara yang benar untuk menambahkan bahasa di Prestashop, Anda dapat mempelajarinya Menambah Bahasa Indonesia di Prestashop.
  • Penyebab lain munculnya tanda warning adalah Anda pada saat mengganti bahasa Anda tidak menggunakan theme standar. Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Ganti theme Anda dengan theme default dari Prestashop terlebih dahulu seperti yang ditunjukkan gambar berikut:
Untuk belajar cara mengganti atau mengupload theme Prestashop, Anda dapat mempelajarinya Mengganti Theme Prestashop.

2. Sekarang, Anda pergi ke bagian Tools->Translations, scroll ke bawah hingga menemukan bagian Copy seperti yang ditunjukkan di gambar berikut. Copy atau duplikat bahasa yang Anda inginkan dari default theme (Prestashop) ke theme yang Anda inginkan (di contoh theme brun). 
Error atau peringatan yang muncul dapat Anda abaikan. Hal itu disebabkan adanya translasi yang kurang, hal ini dapat Anda tambahkan kemudian. :)


3. Lakukan hal yang sama untuk pilihan bahasa yang lain, seperti bahasa Indonesia, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini:

4. Kembali ganti theme website dengan theme yang Anda inginkan setelah Anda memastikan semua bahasa yang akan Anda gunakan telah Anda copy.

5. Cek kembali ke bagian Tools->Language bahwa tanda warning atau peringatan sudah hilang, seperti gambar di bawah ini:

Demikian cara menghilangkan tanda warning saat menambah bahasa di Prestashop. Kini, Anda tak perlu khawatir lagi.

Selamat mencoba! :)