Latest Updates

VirtueMart untuk Toko Online

VirtueMartVirtueMart adalah modul tambahan dari Joomla yang ditujukan buat jualan online. VirtueMart melengkapi Joomla sebagai salah satu sistem CMS (Content Management System) yang populer di negeri ini dengan modul eCommerce. Joomla telah dipakai banyak organisasi untuk berbagai keperluan, termasuk menjalankan situs perusahaan, instansi, ataupun perorangan. VirtueMart memenuhi kebutuhan perusahaan, instansi, maupun perorangan yang ingin menambah fitur situs Joomla-nya buat berjualan online.
Bagi calon pedagang online yang sudah menjalankan situsnya menggunakan Joomla, menambahkan fitur eCommerce di dalamnya menjadi mudah dengan adanya VirtueMart. Sebagai modul tambahan Joomla, paket instalasi dan administrasinya menyatu dengan modul instalasi dan administrasi Joomla, sehingga memakai VirtueMart terasa mudah seperti halnya memakai modul Joomla yang lainnya.
Salah satu benefit menggunakan VirtueMart adalah integrasinya yang bagus dengan fitur CMS yang disediakan oleh Joomla. Jika Anda ingin mengintegrasikan fitur CMS dan eCommerce dalam satu situs yang sama, maka kombinasi Joomla dan VirtueMart adalah jawaban yang tepat. Namun, jika Anda hanya ingin berkonsentrasi ke eCommerce saja, sebaiknya mempertimbangkan pilihan selain VirtueMart. Hal ini karena kompleksitas yang cukup tinggi untuk mengerti mekanisme Joomla sebelum bisa menggunakan VirtueMart.

Fitur eCommerce VirtueMart

Sebagai sebuah paket eCommerce, VirtueMart memiliki fitur dasar berupa katalog, dan fitur standar paket eCommerce lainnya seperti shopping cart. VirtueMart juga menawarkan pilihan untuk menghidupkan fitur katalog saja tanpa menghidupkan fitur shopping cart. Hal ini tentunya bermanfaat bagi kita yang hanya berniat menjadikan situs sebagai tempat untuk menaruh informasi produk tanpa fitur transaksi online.
VirtueMart juga mengikuti sifat modular dari Joomla. Kita bisa menempatkan informasi tertentu dalam area yang kita sukai. Misalnya kita ingin menempatkan daftar produk terlaris di area kiri layar, yang kita lakukan hanyalah mengkonfigurasi modul produk terlaris agar tampil dalam area kiri, dengan urutan dari atas ke bawah yang bisa kita atur.
Gambar berikut ini menunjukkan halaman standar katalog VirtueMart yang menampilkan daftar produk:
Halaman katalog VirtueMart
Fitur-fitur eCommerce standar pada VirtueMart sudah cukup bagus. Halaman katalog produk, detil produk, shopping cart, proses checkout, modul pengiriman, dan modul pembayaran, semuanya sudah memenuhi kriteria paket eCommerce standar. Bahkan VirtueMart bisa dikonfigurasi agar pelanggan bisa berbelanja tanpa melakukan registrasi akun di toko online.
Salah satu hal yang masih kurang dari VirtueMart terletak pada ketiadaan fitur SEF (Search Engine Friendly) URL. Fitur ini penting untuk menjadikan URL produk lebih mudah diingat dan lebih ‘bersahabat’ dengan search engine seperti Google dan Bing. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat Joomla versi 1.5 sudah mendukung fitur ini dengan baik: SEF URL sudah bisa diterapkan dalam modul Joomla standar seperti News.
Gambar berikut menampilkan contoh shopping cart dalam VirtueMart:
Shopping cart dalam VirtueMart
Salah satu fitur menarik dari VirtueMart adalah kemampuannya untuk berbelanja tanpa perlu melakukan registrasi akun dalam toko online. Fitur ini sebenarnya menyerupai cara berbelanja secara offline dimana seorang pembeli tidak perlu mendaftar menjadi pelanggan dengan mencatatkan nama dan beberapa informasi pribadi lainnya. VirtueMart bisa menghadirkan pengalaman belanja offline ini dalam sebuah toko online. Konsekuensinya, kita mesti mengetikkan informasi alamat pengiriman setiap kali kita berbelanja online.
Fitur ini bisa diatur tingkatannya dalam VirtueMart. Terdapat empat tingkatan yang mengatur bagaimana seorang pembeli bisa melakukan registrasi:
  • registrasi normal, dimana seorang pembeli mesti melakukan registrasi akun dalam toko online
  • registrasi diam-diam, pada saat pembeli menginputkan informasi pengiriman, sebuah akun otomatis dibuat
  • registrasi opsional, pembeli ditawari apakah akan membuat akun atau tidak
  • tidak perlu registrasi akun
Gambar berikut menunjukkan contoh layar proses checkout VirtueMart yang tidak memerlukan registrasi akun:
Belanja tanpa registrasi akun dalam VirtueMart
Walaupun tidak membuat akun, informasi email dan alamat tetap harus diberikan oleh pelanggan. Email diperlukan untuk komunikasi dari toko online ke pelanggan, misalnya tentang status order. Sedangkan alamat diperlukan untuk mengirimkan produk yang dibeli kepada pelanggan.
Mengenai tampilan, VirtueMart mengikuti mekanisme theme dan skinning-nya Joomla. Hal ini mudah dipahami karena VirtueMart hanyalah modul tambahan buat Joomla. Tetapi tentu saja hal ini merupakan benefit karena banyak sekali theme Joomla gratis yang cukup bagus untuk digunakan. Menggunakan theme Joomla tersebut secara otomatis mengubah tampilan VirtueMart.

Layar Administrasi VirtueMart

VirtueMart di-instal sebagai komponen dalam Joomla. Oleh karena itu, VirtueMart mengikuti model layar administrasi Joomla. Proses intalasi VirtueMart juga mengikuti model instalasi modul Joomla dimana instalasi dilakukan modul per modul sesuai kebutuhan. Setiap modul juga bisa diaktifkan atau non-aktifkan. Misalnya kita membutuhkan modul untuk menampilkan featured products, yang kita lakukan adalah melakukan instalasi modul tersebut, kemudian mengaktifkannya.
Gambar berikut menunjukkan layar pengaturan modul dalam Joomla yang menampilkan modul-modul VirtueMart yang ter-instal:
Beberapa modul VirtueMart dalam Joomla
Panel kontrol admin VirtueMart sendiri cukup mudah digunakan. Semua fungsi admin disajikan dalam menu yang terletak di sebelah kiri layar. Sedangkan fungsi-fungsi yang sering digunakan dibuatkan shortcut-nya dalam bentuk ikon-ikon di tengah layar yang mudah diakses, misalnya: Katalog Produk, Daftar Kategori, Order, Daftar Metode Pembayaran, Pemasok, Pelanggan, dan Konfigurasi Toko Online.
Bagi yang sudah terbiasa dengan Joomla, memahami mekanisme admin VirtueMart mungkin terbilang mudah. Namun lain halnya untuk pemula. Kompleksitas administrasi Joomla mungkin bisa menjadi penghalang untuk sampai kepada pemahaman terhadap VirtueMart. Oleh karena itu penting bagi para peminat VirtueMart untuk memahami mekanisme administrasi Joomla sebelum mencapai VirtueMart. Walaupun pada akhirnya administrasi VirtueMart-nya sendiri mirip dengan administrasi pake eCommerce yang lainnya.
Gambar berikut ini menampilkan halaman utama panel kontrol admin VirtueMart:
Halaman utama panel kontrol admin VirtueMart
Gambar berikut ini menunjukkan daftar produk yang ditampilkan dalam panel admin VirtueMart:
Daftar produk dalam VirtueMart

Kesimpulan

Kekuatan utama VirtueMart terletak pada integrasinya dengan paket CMS Joomla. Bagi kita yang situsnya tidak saja digunakan untuk eCommerce, kombinasi antara Joomla dan VirtueMart menghadirkan fitur CMS dan eCommerce secara bersama-sama dalam satu situs. Dengan fitur standard eCommerce yang lengkap, VirtueMart cukup bagus untuk menjalankan sebuah toko online yang digabungkan dengan fitur CMS Joomla. Kalaupun sedikit kompleks pada awalnya, namun apabila kita sudah terbiasa memahami Joomla, memahami VirtueMart juga menjadi mudah.

0 Response to "VirtueMart untuk Toko Online"