21 Agustus 2010

Optimasi Prestashop Dengan Teknik SEO

Prestashop, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, merupakan CMS yang dapat digunakan untuk membuat toko online dengan sangat gampangnya. Ditambah fitur-fiturnya yang lengkap, membuat Prestashop menjadi pilihan utama dalam membuat toko online.
Namun, setelah kami explorasi lebih jauh, ternyata website yang menggunakan CMS Prestashop juga dapat di optimasi dengan menggunakan teknik SEO. ;)
Hal ini bukan isapan jempol belaka, karena kami telah mencoba dan berhasil melakukannya. Mari kita bahas percobaan yang kami lakukan:
URL : http://www.DapurCoklatHolly.com
Title yang dulu : Dapur Coklat Holly
Keyword yang diincar : Dapur Coklat
#Percobaan pengoptimasiaan Pretashop pertama:
Pada percobaan pertama ini, kami berusaha untuk mengikuti prinsip yang digunakan dalam SEO On Page, seperti title, permalinks, H1, meta keyword, dan description.
  • Title
    Pada title kami meletakkan kata kunci “Dapur Coklat Holly”, karena title mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam SERP
  • Permalink
    Di permalink ini, kami melakukan setting sedemikian rupa, sehingga struktur permalink “human readable”, atau bisa terbaca dengan mucah oleh manusia. Struktur permalink yang seperti ini disukai oleh search engine seperti Google.
  • Hi, H2
    Heading bisa diletakkan sebagai judul dari product, secara default ini sudah tersetting dalam prestashop. Jadi tidak ada yang harus dilakukan.
  • Meta keyword dan Description
    Karena keterbatasan prestashop, hal ini tidak dapat dilakukan. Hiks,,
Hasil yang kami dapat setelah melakukan setting diatas, untuk kata kunci “dapur coklat” kami menempati halaman pertama nomor 9. Hiks,, tidak jelek-jelek amat sih.
#Percobaan kedua:
Dalam percobaan selanjutnya, kami berupaya menggunakan teknik SEO Off Page dalam mengoptimasi website DapurCoklatHolly.com, yang kami lakukan adalah melakukan link building, tentunya di website yang punya authority tinggi (yang Page Rank nya gede, Alexa nya kecil, hehe,,). Dan dalam melakukan link building ini kami menggunakan anchor “Dapur Coklat”
Hasil yang didapat, untuk kata kunci “Dapur Coklat“, kami menempati halaman pertama nomor 3, hehe,, lumayan.
#Percobaan ketiga:
Karena masih tidak puas dengan hasil tersebut, kami kembali melakukan percobaan berikutnya, yaitu dengan mengganti judul website tersebut menjadi “Dapur Coklat Holly – Toko Coklat Online”. Semua ini kami lakukan karean kami ingin mengincar/ mengoptimasi kata kunci “toko coklat”, so status sekarang:
URL : http://www.DapurCoklatHolly.com
Title yang sekarang : Dapur Coklat Holly – Toko Coklat Online
Keyword yang diincar : Dapur Coklat dan Toko Coklat
Kami mengulangi prosedur di percobaan 1 & 2 dalam mengoptimasi kedua kata kunci tersebut dan hasilnya: untuk kata kunci “dapur coklat” kami menempati halaman pertama nomor 2, mantabss! ;) Untuk kata kunci toko coklat, ada di halaman pertama nomor 8, okelah, hehe,,
Untuk target berikutnya kami berupaya untuk mengoptimasikan kata kunci toko coklat sampai website DapurCoklatHolly.com masuk 3 besar! Musatahil? hehe,, kita lihat aja nanti, he,,
Dari percobaan yang kami lakukan ini, kami berkesimpulan bahwa ilmu SEO dapat digunakan untuk mengoptimasi Prestashop. So, sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana cara mengoptimasi prestashop? hehe,,
 
Semoga bermanfaat,