17 Agustus 2010

Installasi Joomla di lokal server

Instalasi Joomla pada dasarnya hampir sama seperti tahapan instalasi CMS lain seperti wordpress. Yang penting anda harus mengisikan berbagai atribut database. Langkah- langkah instalasi terlihat seperti berikut ini..
  1. Akses folder Joomla
  2. Pilih bahasa instalasi ke english (karena tidak ada bahasa indonesia ), lalu klik Next.
  3. di preinstallasion check, lihat apakah syarat server terpenuhi..? Jika ya, langsung saja klik next.
  4. Dihalaman lisensi GNU GPL, klik next langsung.
  5. Saat muncul database configuration , pilih tipe database ke MySQL. Pilih nama host dari dattabase di kotak HOST NAME. Kemudian pilih username di kotak teks username dan password di kotak tekks password. Masukkan nama database di Database name.
  6. Dikonfigurasi FTP ,anda bisa meloncati ini. Klik Nxt.
  7. Main configuration digunakan untuk mengatur konfigurasi inti. Isikan nama situs di Site Name. Lalu alamat email di Your email dan password diisikan 2X di admin password dan confirm admin password. Klik Next.
  8. Muncul konfirmasi no sample data or other data installed. Ini karena penulis belum mengklik install sample data. Tujuannya agar tidak ada data tambahan disitu. Klik OK
  9. Setelah semunya selesai, muncul halaman finish. Dihalaman ini ada pemberitahuan untuk menghapus folder installation. Lakukan Penghapusan folder ini di server.