18 Agustus 2010

Cara Mengubah Theme di Prestashop

Untuk mengubah theme website e-commerce Anda yang menggunakan CMS Prestashop, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
 
1. Umumnya, theme yang Anda peroleh dari internet berupa file ZIP, maka un-zip terlebih dahulu theme yang telah Anda download tersebut.

2. Upload kembali folder yang berisi theme tersebut ke dalam folder themes. Jika Anda menemui masalah untuk mengupload 1 folder ke server secara bersamaan, jika Anda menggunakan browser Firefox, Anda dapat menggunakan FireFTP.

3. Setelah proses upload selesai, login ke dalam Administrator website Anda, kemudian pilih Preference -> Appearance. Contoh berikut menunjukkan tampilan bagian Theme. Anda tinggal memilih theme yang Anda inginkan, lalu klik Save.

Bagi Anda yang telah menambah bahasa di Prestashop, sebelum mengganti theme website, Anda harus meng-copy file bahasa Anda dengan cara berikut:

  • Pilih Tools -> Translations, lihat bagian Copy/Ganda
  • Untuk menggandakan bahasa Indonesia, copy bahasa yang dari theme lama ke theme baru yang akan Anda gunakan, seperti yang tampak pada contoh.


  • Kembali ke bagian Preference -> Appearance, pilih theme yang Anda inginkan,
  • Dengan demikian, ketika Anda pergi ke Tools -> Languages, bahasa yang pernah Anda tambahkan tersebut dapat digunakan di theme baru, tanpa ada error.

Demikianlah cara mengubah theme tanpa menimbulkan error di bagian bahasa pada website Prestashop Anda.
Selamat mencoba!